• Breaking News

    BACA BERITANYA TERBARU DISINI

    Jumat, 31 Januari 2020

    Makna Lirik Lagu Peterpan "Aku" (Angin Utara)



    Peterpan "Aku"

    Seperti aku
    Seperti jiwaku
    Menyusuri telaga waktu
    Seperti langkahku

    Sejenak berhenti
    Kau tampak berdiri
    Lalu bersiap berlari
    Melata di bumi


    Angin utara tetap begitu
    Tetaplah di belakangku
    Hingga hari berhentinya waktu
    Tetap iringi langkahku

    Angin utara dengarkan aku
    Tetaplah di belakangku
    Hingga hari berhentinya waktu
    Tetap iringi langkahku

    Suaraku tak lagi bergaung
    Tapi kau selalu membawaku

    Angin utara tetap begitu
    Tetaplah di belakangku
    Hingga hari berhentinya waktu
    Tetap iringi langkahku

    Angin utara dengarkan aku
    Tetaplah di belakangku
    Hingga hari berhentinya waktu
    Tetap iringi langkahku

    Angin utara
    Angin utara
    Angin utara


    MAKNA LAGU

    Tak terasa sekarang sudah 2020 , 16 tahun berlalu sejak saya dengar pertama lagu ini. saya masih kelas 6 sd hingga sekarang saya dewasa. Lagu ini merupakan salah satu album dari bintang di surga yang dirilease 2004 label rekaman ternama musica studios. Lagu ini memang termasuk aneh karena lagu ini tidak pernah dibawakan dikonser noah maupun peterpan. Menurut saya lagu ini termasuk lagu terbaik secara maknawi memang sulit dicerna pikiran awam, entah siapa penulisnya lagu ini apakah ariel menyanyikan lagu puisi yang penciptanya tidak diketahui atau memang teman temannya ariel yang menciptakan. Didalam lagu ini memang tidak ada lirik cinta dan asmara seperti lagu pada umumnya, sedangkan lagu lagu ciptaan ariel biasanya ada unsur cinta. Lagu lagu seperti 2 DSD dan Aku adalah lagu paling sulit dimengerti maknanya oleh awam, karena tanpa temanya. Menurut saya lagu ini termasuk syair yang dilagukan.

    Berikut ini makna lagu Aku menurut saya (M. Aliemarz) 

    1. Seperti aku Seperti jiwaku Menyusuri telaga waktu Seperti langkahku
    Lirik lagu ini bermakna seperti aku, karena  aku umumnya manusia yang mengarungi hidup dalam ruang dan waktu dan langkah yang tak pernah berhenti menyusuri segala kisah kehidupan sampai ahir umur manusia

    2. Sejenak berhenti Kau tampak berdiri Lalu bersiap berlari Melata di bumi
    Lirik ini bermakna sejenak kau berhenti dari langkah kehidupan, berpikir, sejenak menghela nafas atau semacam menyusun setrategi atau pun liburan dari penat pekerjaan ataupun segala sesuatu yang bermakna berhenti dari aktivitas normal seperti bekerja dan sebagainya, lalu bersiap melata kembali dibumi artinya kembali lagi kedalam kegiatan normal dalam kehidupan entah berumah tangga, bekerja atau urusan duniawi lainnya yang tak ada putusnya.

    3. Angin utara tetap begitu Tetaplah di belakangku Hingga hari berhentinya waktu Tetap  iringi langkahku
    Maknanya Angin utara tetaplah begitu, terus begitu bersamaku dalam menjalani kehidupan, terus menemani dan menyemangati kehidupanku, entahlah yang dimaksud angin utara oleh peterpan ini siapa, entah nama orang ataupun sesuatu yang lainnya atau memang angin udara yang bergerak ini. Angin yang bertiup dari utara biasanya membawa efek cuaca buruk entah angin topan atau badai.

    4. Suaraku tak lagi bergaung Tapi kau selalu membawaku
    Ini liriknya lebih sulit lagi, mungkin suaraku yang tak lagi bergaung atau bergema adalah kematian, tak terdengar lagi suara atau pun aktivitas manusia, tapi angin utara ini selalu membawa kemanapun aku berada, mungkin saja yang dimaksud angin utara ini adalah nama peterpan ini sendiri. Nama ariel sudah tidak setenar dulu saat bersama peterpan, namun legenda band peterpan tentu saja yang diingat orang orang ketika 10 sampai 30 tahun lagi kedepan adalah ariel alias nazril ilham penyanyi dengan suara khas dari bandung ini. Angin utara ternyata adalah nama peterpan itu sendiri. 

    Karena lagu aneh ini adalah lagu favorite saya maka saya menamai sepeda saya angut artinya angin utara kemudian setelah beribu kilometer saya petualangan hidup saya jual dan beli lagi saya namai angud artinya angin udara yang akan membawaku kemanapun aku ingin pergi dan petualangan sejenak melepas penat hidup, seperti angin utara yang membawa nama peterpan.




    2 komentar:

    Anonim mengatakan...

    Lagu aku ditulis Ariel sedangkan songnya diciptakan Andika, ga cuma lagu cinta aja yg ditulis Ariel ,banyak lagu yg tidak bertemakan cinta seperi dibalik awan, melawan dunia, langit tak mendengar, 2dsd, membebaniku dll contohnya.

    Anonim mengatakan...

    Sedikit koreksi dari liriknya

    bukan MELATA DI BUMI, tetapi MERATA DI BUMI

    Posting Komentar

    Popular